KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang
telah memberi rahmat serta hidayah sehingga kami dapat menyelesaikan makalah
ini dengan tepat waktu.
Kami selaku penulis mengucapkan terimakasih kepada
semua pihak yang telah mendukung dalam pembuatan makalah ini, kami menyadari
makalah ini jauh dari kata sempurna, oleh sebab itu kritik dan saran kami
butuhkan demi memperbaiki makalh ini dan untuk pembuatan makalah berikutnya,
kami berharap semoga makalah ini bisa berguna dan menambah wawasan pembaca
terimaksih.
Nganjuk, 09 mei 2017
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………………
DAFTAR ISI……………………………………………..
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang………………………………………..
B. Rumusan Masalah………………………………………
C. Tujuan Penulisan makalah………………………………
BAB II PEMBAHASAN
A.
Hakikat Bahasa Indonesia………………………………..
B.
Fungsi-Fungsi Bahasa Indonesia………………………..
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan…………………………………………………
B. Saran ……………………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan
Republik Indonesia yang berarti bahasa yang berfungsi mempersatukan semua suku
bangsa yang ada di Indonesia. Bahasa Indonesia itu sendiri adalah bahasa resmi,
dan bahasa pertama yang digunakan, selain bahasa daerah. Seperti bahasa Jawa
dan bahasa Sunda. Kedudukan bahasa Indonesia di negara Republik Indonesia,
selain sebagai bahasa persatuan juga sebagai bahasa negara atau bahasa nasional
dan sebagai budaya. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan artinya
adalah bahasa Indonesia sebagai pemersatu suku bangsa yang beraneka ragam di
Indonesia. Dalam berkomunikasi seluruh rakyat negara Indonesia menggunakan bahasa
Indonesia dengan baik dan benar. Dalam menggunakan bahasa Indonesia kita semua
harus tahu tata cara berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Sebelum kita
bisa berbahasa Indonesia dengan lancar, kita harus mengetahui dulu fungsi dari
bahasa itu sendiri. Hal ini yang mendasari kami sebagai penulis menyusun
makalah yang berjudul “Hakikat dan Fungsi Bahasa Indonesia”.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang terurai di
atas, maka dalam penulisan makalah diatas dirumuskan sebagai berikut :
1.
Apakah hakikat bahasa Indonesia itu?
2.
2. Apa fungsi bahasa Indonesia itu?
C. Tujuan Penulisan Makalah ini disusun dengan
memiliki tujuan yaitu:
1.
Memenuhi tugas dari dosen mata kuliah Kajian Bahasa Indonesia SD
2. Menjelaskan mengenai hakikat bahasa Indonesia
3.
Menjelaskan fungsi bahasa Indonesia
BAB II
PEMBAHASAN
A. Hakikat
Bahasa Indonesia
Oleh K. D. Pagelaran Bahasa Indonesia adalah
bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa
Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia,
tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di
Timor Leste, Bahasa Indonesia adalah bahasa kerja (working language). Seperti
kata pepatah "Bahasa menunjukkan bangsa", maka penggunaan bahasa
Indonesia oleh masyarakat Indonesia saat ini mencerminkan sikap bangsa
Indonesia yang enggan bertanggung jawab, makin tidak mengenal tata krama, dan
miskin imajinasi. Bahasa adalah kesatuan perkataan beserta sistem penggunaannya
yang berlaku umum dalam pergaulan antar anggota suatu masyarakat atau bangsa.
Masyarakat atau bangsa merupakan sekelompok manusia atau komunitas dengan
kesamaan letak geografi, kesamaan budaya, dan kesamaan tradisi. Dengan
demikian, selain memiliki fungsi utama sebagai wahana berkomunikasi, bahasa
juga memiliki peran sebagai alat ekspresi budaya yang mencerminkan bangsa
penuturnya. Kecakapan berbahasa suatu bangsa mencerminkan budaya bangsa yang
terwujud dalam sikap berbahasa itu sendiri. Sikap berbahasa yang dilandasi oleh
kesadaran berbahasa akan membangun rasa cinta, bangga, dan setia terhadap
bahasa dan terhadap bangsa. Dengan demikian,Bahasa Indonesia adalah bahasa yang
menjadi wahana komunikasi dan alat ekspresi budaya yang mencerminkan eksistensi
bangsa Indonesia. Pengembangan sikap berbahasa yang mencakup kemahiran
berbahasa Indonesia dalam wadah pendidikan formal (sekolah) dilaksanakan
melalui mata pelajaran atau mata kuliah Bahasa Indonesia. Dengan demikian
hakekat pembelajaran Bahasa Indonesia adalah pembelajaran untuk menjadikan
peserta didik memiliki kemahiran berbahasa Indonesia baik dalam berkomunikasi
lisan maupun tertulis yang mencerminkan kesadaran berbahasa sebagai bangsa
Indonesia yang telah menetapkan bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara.
Kemahiran berbahasa Indonesia harus selalu diupayakan oleh seluruh penuturnya
agar memiliki sikap berbahasa yang positif. Sikap berbahasa positif itu akan
membawa sikap setia, bangga, dan cinta kepada bahasa Indonesia. Dengan
demikian, bahasa Indonesia dapat memenuhi fungsi luhurnya sebagai alat
pemersatu bangsa. Bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa,
mungkin lebih efektif dibandingkan alat-alat pemersatu yang lain, karena dengan
bahasa berarti komunikasi dan saling pengertian antar warga bangsa dapat
terwujud. Maka dari itu janganlah sekali-kali melecehkan bahasa Indonesia dalam
aktivitas apa pun.
B. Fungsi-Fungsi
Bahasa Indonesia
Bahasa dibentuk oleh
kaidah aturan serta pola yang tidak boleh dilanggar agar tidak menyebabkan
gangguan pada komunikasi yang terjadi. Kaidah, aturan dan pola-pola yang
dibentuk mencakup tata bunyi, tata bentuk dan tata kalimat. Agar komunikasi
yang dilakukan berjalan lancar dengan baik, penerima dan pengirim bahasa harus
harus menguasai bahasanya. Bahasa Indoonesia mempunyai beberapa fungsi sebagai
berikut: Fungsi Bahasa Dalam Masyarakat :
1. Alat untuk berkomunikasi dengan sesama manusia.
2. Alat untuk bekerja
sama dengan sesama manusia.
3. Alat untuk
mengidentifikasi diri.
Secara keseluruhan
mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD berfungsi untuk :
1. mengembangkan
kemampuan bernalar
2. berkomunikasi, dan mengungkapkan pikiran dan perasaan
3. serta persatuan dan kesatuan bangsa.
Kemudian pembelajaran
Bahasa Indonesia juga mempunyai sasaran, “Sasaran pembinaan bahasa Indonesia
bagi siswa SD ialah :
1. Agar siswa memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang
baik dan benar.
2. Dapat menghayati bahasa dan sastra Indonesia.
“Hasil Perumusan Seminar Politik Bahasa Nasional” yang
diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25-28 Februari 1975 antara lain
menegaskan bahwa dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia
berfungsi sebagai:
1. Lambang kebanggaan nasional
2. Lambang identitas
nasional
3. Alat pemersatu berbagai-bagai masyarakat yang
berbeda-beda latar belakang sosial budaya dan bahasanya
4. Alat perhubungan antar budaya antar daerah
Dalam
“Hasil Perumusan Seminar Politik Bahasa Nasional” yang diselenggarakan di
Jakarta pada tanggal 25-28 Februari 1975 dikemukakan bahwa di dalam
kedudukannya sebagai bahasa Negara, bahasa Indonesia berfugsi sebagai:
1. Bahasa resmi kenegaraan
2. Bahasa pengantar resmu di lembaga-lembaga
pendidikan
3. Bahasa
resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional pada tingkat nasional untuk
kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah
4. Bahasa
resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta
teknologi modern.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan
Republik Indonesia.
1. Hakikat bahasa
Indonesia Hakekat Bahasa Indonesia adalah kemahiran berbahasa Indonesia baik
dalam berkomunikasi lisan maupun tertulis yang mencerminkan kesadaran berbahasa
sebagai bangsa Indonesia yang telah menetapkan bahasa Indonesia sebagai Bahasa
Negara.
2. Fungsi bahasa Indonesia
a. Sebagai lambang
kebanggaan nasional
b. Sebagai identitas
nasional (jati diri, ciri khas)
c. Alat pemersatu berbagai suku bangsa yang
berbeda-beda latar belakang budaya dan bahasanya
d. Alat penguhubung antar daerah sebagai
bahasa nasional.
B. Saran
Dalam menggunakan bahasa Indonesia kita harus
menerapkan konsep dasar dalam berbahasa serta mengembangkan bahasa Indonesia
dengan baik dan benar dan tetap menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan
sehari-hari pada saat beraktifitas
DAFTAR PUSTAKA
http://rahmyanitasari.blogspot.com/2012/05/hakikat-fungsi-bahasa-indonesia.html
http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/19671
1031993032- NOVI_RESMINI/HAKIKAT_DAN_FUNGSI_BAHASA_INDONESIA,_PJJ.pdf
http://www.sekolahdasar.net/2012/04/hakikat-dan-kedudukan-pembelajaran.html
0 Komentar Blog: