Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

validasi media pembelajaran

0

 

A. Pengertian validasi pembelajaran

                     Memvalidasi media pembelajaran adalah tidakan atau suatu pembuktian untuk media pembelajaran apakah sudah sesuai dengan yang akan diajarkan kepada siswa efektif dan efesiennya, dengan melihat kegiatan atau pengajaran yang di ajarkan dan untuk membuktikan apakah media pembelajaran, sudah dapat  untuk membantu dan di gunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam sistem pembelajaran

 

 

B. Tujuan Validasi media pembelajaran

·         Dengan memvalidasi akan membuktikan apakah pelajaran tersebut sesuai degan siswa, yang perlu di validasi adalah, bahan, metode, prosedur, dan kegiatan pembelajaran nya, juga sistem pembelajaran apakah berjalan efektif untuk siswa dan guru yang belajar dan mengajar untuk memenuhi standar dalam pembelajaran

·         Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang akan digunakan yaitu dengan memberikan lembaran angket pada siswa yang kemudian akan disempurnakan.

·         Meningkatkan kemampuan siswa secara keseluruhan baik kognitif, afektif dan psikomotor

                 Ada 3 teori Taksonomi Bloom yang dipakai dalam media pembelajaran, yaitu :

-       Cognitive Domain (Ranah Kognitif), yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir.

-          Affective Domain (Ranah Afektif) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi, dan cara penyesuaian diri

-          Psychomotor Domain (Ranah Psikomotor) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin

 

       Mengapa teori taksonomi bloom tersebut tepat di pergunakan dalam memvalidasi                      media pembelajaran ?

                        Karna teori yang ada pada taksonomi bloom tepat untuk memvalidasi media         pembelajaran, contohnya koqnitif untuk kemampuan berpikir siswa dimana siswa dituntut untuk kreatif dalam belajar, afektif yang bersangkutan dengan keaktifan siswa dalam pembelajaran, atau respon siswa terhadap pembelajaran dan yang terakhirpsikomotor yang berkaitan dengan keterampilan siswa menangkap pembelajaran yang diberikan

 

Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog:

Entri Populer