Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Makalah Penyesuaian Diri Remaja

0














KATA PENGANTAR

          Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang berkuasa atas seluruh alam semesta, karena berkat rahmat, taufik serta hidayah- Nya jualah kami dapat menyelesaikan Makalah Perkembangan Peserta Didik tentang Penyesuain Diri Remaja yang dapat kami selesaikan dengan tepat  waktu.
         Dalam kesempatan ini kami sebagai penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu selesainya pembuatan Makalah Perkembangan Peserta Didik ini. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini tidak terlepas dari kesalahan dan sangat jauh dari sempurna. Oleh sebab itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi sempurnanya makalah ini dan untuk tugas makalah selanjutnya.
         Kami berharap semoga makalah ini dapat digunakan sebagaimana mestinya dan bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Semoga Allah SWT mencurahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Aamiin ya rabbal alamin.

         
              





Palangka Raya 8 April 2017 

Penyusun









DAFTAR ISI

Kata Pengantar………………………………………………………………………. …  i
Daftar Isi…………………………………………………………………………………  ii
BAB I    PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ……………………………………………………………………    1
1.2  Rumusan Masalah ………………………………………………………………….. 1
1.3 Tujuan Penulisan …………………………………………………………………….    2
 1.4 Metode Penulisan …………………………………………………………………..   2
BAB II   PENYESUAIAN DIRI REMAJA
  1. Pengertian Penyesuaian Diri …………………………………………………….  3
  2. Proses Penyesuaian Diri …………………………………………………………  4
  3. Karakteristik Penyesuaian Diri………………………………………………….   5
  4. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Penyesuaian Diri …………. ……….    9
  5. Permasalahan-permasalahan Penyesuaian Diri Remaja …………………. ………. 12
  6. Implikasi Penyesuaian Diri Remaja Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan  ……  13
BAB IIIPENUTUP
  1. Kesimpulan …………………………………………………………………………   15
  2. Saran …………………………………………………………………………………..16

DAFTAR PUSTAKA





BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Makna akhir dari hasil pendidikan seseorang individu terletak pada sejauh mana hal yang telah dipelajari dapat membantunya dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan-kebutuhan hidupnya dan pada tuntutan masyarakat. Berdasarkan pengalaman-pengalaman yang didapat di sekolah dan di luar sekolah ia memiliki sejumlah pengetahuan, kecakapan, minat-minat, dan sikap-sikap. Dengan pengalaman-pengalaman itu ia secara berkesinambungan dibentuk menjadi seorang pribadi seperti apa yang dia miliki sekarang dan menjadi seorang pribadi tertentu di masa mendatang.
Seseorang tidak dilahirkan dalam keadaan telah mampu menyesuaikan diri atau tidak mampu menyesuaikan diri. Kondisi fisik, mental dan emosional dipengaruhi dan diarahkan oleh faktor-faktor lingkungan dimana kemungkinan akan berkembang proses penyesuaian yang baik atau yang salah.
Sejak lahir sampai meninggal seorang individu merupakan organisme yang aktif. Ia aktif dengan tujuan dan aktifitas yang berkesinambungan. Ia berusaha untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhan jasmaninya dan juga semua dorongan yang memberi peluang kepadanya untuk berfungsi sebagai anggota kelompoknya. Penyesuaian diri adalah suatu proses. Dan salah satu ciri pokok dari kepribadian yang sehat mentalnya adalah memiliki kemampuan untuk mengadakan penyesuaian diri secara harmonis, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungannya.

1.2  Rumusan Masalah
  1. Apa yang dimaksud dengan penyesuaian diri ?
  2. Bagaimanakah proses penyesuaian diri ?
  3. Apa saja karakteristik penyesuaian diri ?
  4. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyesuaian diri ?
  5. Apa saja permasalahan-permasalahan penyesuaian diri remaja ?
  6. Bagaimanakah implikasi penyesuaian diri remaja terhadap penyelenggaraan pendidikan ?




1.3    Tujuan Penulisan
Adapun yang menjadi tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah:
  1. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan penyesuaian diri
  2. Untuk mengetahui tentang bagaimana proses penyesuaian diri
  3. Untuk mengetahui apa saja karakteristik penyesuaian diri
  4. Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyesuaian diri
  5. Untuk mengetahui apa saja permasalahan-permasalahan penyesuaian diri remaja
  6. Untuk mengetahui bagaimana implikasi penyesuaian diri remaja terhadap penyelenggaraan pendidikan

1.4    Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan dalam penyusunan makalah ini yaitu menggunakan metode kepustakaan, dimana isi atau pembahasan dalam makalah ini didapatkan dari berbagai sumber buku atau literatur-literatur, sehingga penjelasannya lebih terperinci.












BAB II
PENYESUAIAN DIRI REMAJA

  1. Pengertian Penyesuaian Diri
Penyesuaian dapat diartikan atau dideskripsikan sebagai berikut :
  1. Penyesuaian berarti adaptasi; dapat mempertahankan eksistensinya, atau bisa “survive” dan memperoleh kesejahteraan jasmaniah dan rohaniah, dan dapat mengadakan relasi yang memuaskan dengan tuntutan sosial.
  2. Penyesuaian dapat juga diartikan sebagai konformitas, yang berarti menyesuaikan sesuatu dengan standar atau prinsip.
  3. Penyesuaian dapat diartikan sebagai penguasaan, yaitu memiliki kemampuan untuk membuat rencana dan mengorganisasi respon-respon sedemikian rupa, sehingga bisa mengatasi segala macam konflik, kesulitan, dan frustasi-frustasi secara efisien. Individu memiliki kemampuan menghadapi realitas hidup dengan cara yang adekuat atau memenuhi syarat.
  4. Penyesuaian dapat diartikan penguasaan dan kematangan emosional. Kematangan emosional maksudnya ialah secra positif memiliki respon emosional yang tepat pada setiap situasi
Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa penyesuaian adalah usaha manusia untuk mencapai keharmonisan pada diri sendiri dan pada lingkunganya. Selain itu juga, seseorang dikatakan memiliki kemampuan penyesuaian diri yang baik (Well Adjusted Person) jika mampu melakukan respon-respon yang matang, efisien, memuaskan dan sehat. Dikatakan efisien apabila mampu melakukan respon dengan mengeluarkan tenaga dan waktu sehemat mungkin. Dikatakan sehat apabila respon-respon yang dilakukannya dengan hakikat individu, lembaga atau kelompok antar individu, dan hubungan antar individu dan ciptaanNya berjalan dengan baik.
Selain pengertian di atas, ada juga defenisi atau pengertian penyesuaian diri menurut para ahli, diantaranya adalah :
Schneiders (1964) menyatakan bahwa penyesuaian diri mempunyai banyak arti antara lain: usaha manusia untuk mengurangi tekanan akibat dorongan kebutuhan, usaha untuk memelihara keseimbangan antara pemenuhan dan tuntutan lingkungan serta usaha untuk menyeiaraskan hubungan individu dengan realitas. la memberikan batasan penyesuaian diri sebagai proses yang melibatkan respon mental dan perilaku manusia dalam usaha mengatasi dorongan-dorongn dari dalam diri agar diproses kesesuaian antara tuntutan dari dalam diri dan lingkungan. Hal ini berarti penyesuaian diri merupakan suatu proses yang dinamis dan bukan suatu kondisi yang stastis.
Menurut Meichati (1983) kunci penyesuaian diri terletak pada keberhasilan manusia memenuhi dorongan dari dalam dan dari luar, di mana cara yang dilakukan untuk memenuhi dorongan tersebut baik bagi dirinya tetapi juga baik untuk lingkungan. Penyesuaian diri merupakan cara individu bergaul dengan diri sendiri, orang lain dan dengan lingkunganya. Satmoko (1995) mendefinisikan penyesuaian diri sebagai interaksi seseorang yang kontinyu dengan dirinya sendiri, dengan orang lain dan dengan dunianya. Ketiga faktor ini secara konsisten mempengaruhi seseorang dan hubungan ketiganya bersifat timbal balik, permasalahan-permasalahan yang muncul merupakan efek samping dari interaksi tersebut. Sesuatu yang normal dan tidak dapat dihindarkan, meskipun demikian manusia mempunyai potensi untuk mengatasmya. Jadi penyesuaian diri merupakan suatu hal yang tidak akan pernah berhenti sampai manusia itu mati.
Menurut Hurlock (1991) penyesuaian diri adalah kemampuan individu untuk memperlihatkan sikap serta tingkahlaku yang menyenangkan, sehingga ia diterima oleh kelompok atau lingkungannya. Kondisi yang dipertukan untuk mencapai penyesuaian diri yang baik yaitu bimbingan untuk membantu anak belajar menjadi realistis tentang diri dan kemampuannya dan bimbingan untuk belajar bersikap bagaimana cara yang akan membantu penerimaan sosial dan kasih sayang dari orang lain.
Dengan demikian, berdasarkan pendapat-pendapat di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penyesuaian diri adalah merupakan kemampuan aktivitas mental dan tingkah laku individu dalam menghadapi tuntutan baik dari dalam diri (personal) maupun dari lingkungan (sosial) demi memenuhi kebutuhan-kebutuhannya dengan penuh rasa bahagia dan memuaskan.

  1. Proses Penyesuaian Diri
Penyesuaian diri adalah proses bagaimana individu mencapai keseimbangan diri dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan lingkungan. Seperti kita ketahui bahwa penyesuaian yang sempurna tidak pernah tercapai. Penyesuaian yang sempurna terjadi jika manusia atau indvidu selalu dalam keadaan seimbang antara dirinya dengan lingkungannya di mana tidak ada lagi kebutuhan yang tidak terpenuhi, dan di mana semua fungsi organisme atau individu berjalan dengan normal. Sekali lagi, bahwa penyesuaian yang sempurna seperti itu tidak pernah dapat dicapai. Oleh karena itu penyesuaian diri lebih bersifat suatu proses sepanjang hayat (lifelong process), dan manusia terus-menerus berupaya menemukan dan mengatasi tekanan dan tantangan hidup guna mencapai pribadi yang sehat.
Proses penyesuaian diri menurut Schneiders (1984), melibatkan tiga unsur yang akan mewarnai kualitas proses penyesuaian diri individu yaitu :
  1. Motivasi dan Proses Penyesuaian Diri
Motivasi sama dengan kebutuhan, perasaan, dan emosi merupakan kekuatan internal yang menyebabkan ketegangan dan ketidakseimbangan dalam organisme.  
  1. Sikap terhadap realitas dan Proses Penyesuaian Diri
Secara umum dapat dikatakan sikap yang sehat terhadap realitas dan kontak yang baik terhadap realitas sangat diperlukan bagi penyesuaian diri yang sehat.
  1. Pola Dasar Penyesuaian Diri
Dalam proses penyesuaian diri sehari-hari terdapat suatu pola dasar penyesuaian diri. Misalnya : seorang anak membutuhkan kasih sayang dari orang tuanya yang selalu sibuk. dalam situasi tersebut anak akan frustasi dan berusaha menemukan pemecahan yang berguna mengurangi ketegangan antara kebutuhan akan kasih sayang dengan frustasi yang dialami. Dalam beberapa hal, respon pengganti tidak tersedia, sehingga individu mencari suatu respon lain yang akan memuaskan motivasi dan mereduksi ketegangan.
Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa motivasi mengambil variasi bentuk, dan setiap bentuk dapat diarahkan kepada rintangan atau frustasi yang disebabkan oleh beberapa aspek realitas, misalnya pembatasan orang tua, hambatan fisik, aturan sosial, dan semacamnya. Rintangan-rintangan ini menyebabkan individu meneliti cara-cara responnya yang berbeda-beda sampai mendapatkan pemuasan.
Individu dikatakan berhasil dalam melakukan penyesuaian diri apabila ia dapat memenuhi kebutuhannya dengan cara-cara yang wajar atau apabila dapat diterima oleh lingkungan tanpa merugikan atau mengganggu lingkungannya.

  1. Karakteristik Penyesuaian Diri
Penyesuaian diri remaja memiliki karakteristik yang khas, yang dapat dilihat berbagai sisi, yaitu sebagai berikut :
  1. Penyesuaian Diri Remaja terhadap Peran dan Identitasnya
Tujuannya adalah memperoleh identitas diri yang semakin jelas dan dapat dimengerti serta diterima oleh lingkumgannya, baik lingkungan keluarga, sekolah, ataupun masyarakat.
  1. Penyesuaian Diri Remaja terhadap Pendidikan
Pada umumnya, para remaja berjuang untuk meraih kesuksesan dalam belajar, tetapi dengan cara-cara yang menimbulkan perasaan bebas dan senang, terhindar dari tekanan dan konflik, atau bahkan frustasi.
  1. Penyesuaian Diri Remaja terhadap Kehidupan Seks
Secara keseluruhan, remaja ingin memahami kondisi seksual dirinya dan lawan jenisnyaserta mampu bertindak untuk menyalurkan dorongan seksualnya yang dapat dimengerti dan dapat dibenarkan oleh norma sosial dan agama.
  1. Penyesuaian Diri Remaja terhadap Norma Sosial
Penyesuaian diri remaja terhadap norma sosial mengarah pada dua dimensi, yaitu remaja ingin diakui keberadaannya dalam masyarakat dan remaja ingin bebas menciptakan aturan-aturan tersendiri yang lebih sesuai untuk kelompoknya, tetapi menuntut agar dapat dimengerti dan diterima oleh masyarakat dewasa.
  1. Penyesuaian Diri Remaja terhadap Waktu Luang
Dalam kontek ini upaya yang harus dilakukan oleh remaja adalah melakukan penyesuaian antara dorongan kebebasannya serta inisiatif dan kreativitasnya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat agar dapat berguna bagi dirinya maupun orang lain.
  1. Penyesuaian Diri Remaja terhadap Uang
Remaja berusaha untuk mampu bertindak secara proporsional, melakukan penyesuaian antara kelayakan pemenuhan kebutuhannya dengan kondisi ekonomi orang tuanya.
  1. Penyesuaian Diri remaja terhadap Kecemasan, Konflik, dan Frustasi
Menurut Signund Freud (Corey, 1989), strategi yang digunakan untuk mengatasi masalah kecemasan, konflik, dan frustasi adalah menggunakan mekanisme pertahanan diri (defence mechanism) seperti kompensasi, rasionalisasi, proyeksi, sublimasi, identifikasi, regresi, dan fiksasi.

Tidak selamnaya individu berhasil dalam melakukan penyesuaian diri, karena kadang-kadang ada rintangan-rintangan tertentu yang menyebabkan tidak berhasil melakukan penyesuaian diri. Rintangan-rintangan itu mungkin terdapat dalam dirinya atau mungkin di luar dirinya. Dalam hubungannya dengan rintangan-rintangan tersebut ada individu-individu yang dapat melakukan penyesuaian diri secara positif, namun ada pula individu-individu yang melakukan penyesuaian diri yang salah.




  1. Penyesuaian Diri Secara Positif
Mereka yang tergolong mampu melakukan penyesuaian diri secara positif ditandai hal-hal sebagai berikut :
a)         Tidak menunjukkan adanya ketegangan emosional.
b)        Tidak menunjukkan adanya mekanisme-mekanisme psikologis.
c)         Tidak menunjukkan adanya frustasi pribadi.
d)        Memiliki pertimbangan rasional dan pengarahan diri.
e)         Mampu dalam belajar.
f)         Menghargai pengalaman.
g)        Bersikap realistik dan objektif.
Dalam melakukan penyesuaian diri secara positif, individu akan melakukannya dalam berbagai bentuk, antara lain :
  1. Penyesuaian dengan menghadapi masalah secara langsung.
Dalam situasi ini individu secara langsung menghadapi masalahnya dengan segala akibat-akibatnya. Ia melakukan segala tindakan sesuai dengan masalah yang dihadapinya.
  1. Penyesuaian dengan melakukan eksplorasi (penjelajahan).
Dalam situasi ini individu mencari berbagai bahan pengalaman untuk dapat menghadapi dan memecahkan masalahnya.
  1. Penyesuaian dengan trial and error atau coba-coba.
Dalam cara ini individu melakukan suatu tindakan coba-coba, dalam arti kalau menguntungkan diteruskan dan kalau gagal tidak diteruskan. Taraf pemikiran kurang begitu berperan dibandingkan dengan cara eksplorasi.
  1. Penyesuaian dengan substitusi (mencari pengganti).
Jika individu merasa gagal dalam menghadapi masalah, maka ia dapat memperoleh penyesuaian dengan jalan mencari pengganti.
  1. Penyesuaian diri dengan menggali kemampuan diri.
Dalam hal ini individu mencoba menggali kemampuan-kemapuan khusus dalam dirinya, dan kemudian dikembangkan sehingga dapat membantu penyesuaian diri.
  1. Penyesuaian dengan belajar.
Dengan belajar, individu akan banyak memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dapat membantu menyesuaikan diri.
Penyesuaian dengan inhibisi dan pengendalian diri.
Dalam situasi ini individu berusaha memilih tindakan mana yang harus dilakukan, dan tindakan mana yang tidak perlu dilakukan. Cara inilah yang disebut inhibisi. Di samping itu, individu harus mampu mengendalikan dirinya dalam melakukan tindakannya.
  1. Penyesuaian dengan perencanaan yang cermat.
Dalam situasi ini tindakan yang dilakukan merupakan keputusan yang diambil berdasarkan perencanaan yang cermat. Keputusan diambil setelah dipertimbangkan dari berbagai segi, antara lain segi untung dan ruginya.

  1. Penyesuaian Diri yang Salah
Kegagalan dalam melakukan penyesuaian diri secara positif, dapat mengakibatkan individu melakukan penyesuaian yang salah. Penyesuaian diri yang salah ditandai dengan berbagai bentuk tingkah laku yang serba salah, tidak terarah, emosional, sikap yang tidak realistik, agresif, dan sebgainya. Ada tiga bentuk reaksi dalam penyesuaian yang salah yaitu, reaksi bertahan, reaksi menyerang, dan reaksi melarikan diri.

  1. Reaksi bertahan (Defence Reaction)
Individu berusaha untuk mempertahankan dirirnya, seolah-olah tidak menghadapi kegagalan. Ia selalu berusaha untuk menunjukkan bahwa dirinya tidak mengalami kegagalan. Bentuk khusus reaksi ini antara lain :
  1. Rasionalisasi, yaitu bertahan dengan mancari-cari alasan untuk membenarkan tindakannya.
  2. Represi, yaitu berusaha untuk menekan pengalamannya yang dirasakan kurang enak ke alam tidak sadar. Ia berusaha melupakan pengalamannya yang kurang menyenangkan.
  3. Proyeksi, yaitu melemparkan sebab kegagalan dirinya kepada pihak lain untuk mencari alasan yang dapat diterima.
  4. “Sour grapes” (anggur kecut), yaitu dengan memutarbalikkan kenyataan.
  5. Reaksi Menyerang (Aggressive Reaction)
Orang yang mempunyai penyesuaian diri yang salah menunjukkan tingkah laku yang bersifat menyerang untuk menutupi kegagalannya. Ia tidak mau menyadari kegagalannya. Reaksi-reaksinya tampak dalam tingkah laku :
  1. Selalu membenarkan diri sendiri,
  2. Mau berkuasa dalam setiap situasi,
  3. Bersikap senang mengganggu orang lain,
  4.  
Menggertak baik dengan ucapan maupun dengan perbuatan,
  1. Menunjukkan sikap permusuhan secara terbuka,
  2. Menunjukkan sikap menyerang dan merusak,
  3. Keras kepala dalam perbuatannya,
  4. Bersikap balas dendam, dan lain-lain.
  5. Reaksi Melarikan Diri (Escape Reaction)
Dalam reaksi ini orang yang mempunyai penyesuaian diri yang salah akan melarikan diri dari situasi yang menimbulkan kegagalannya, reaksinya tampak dalam tingkah laku seperti, berfantasi, banyak tidur, minum-minuman keras, bunuh diri, menjadi pecandu ganja, narkotika, dan regresi yaitu kembali kepada tingkah laku yang semodel dengan tingkat perkembangan yang lebih awal.

  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi Proses Penyesuaian Diri
Secara keseluruhan kepribadian mempunyai fungsi sebagai penentu primer terhadap penyesuaian diri. Penetu berarti faktor yang mendukung, mempengaruhi, atau menimbulkan efek pada proses penyesuaian. Secara sekunder proses penyesuaian ditentukan oleh faktor-faktor yang menentukan kepribadian itu sendiri baik internal maupun eksternal. Penentu penyesuaian identik dengan faktor-faktor yang mengatur perkembangan dan terbentuknya pribadi secara bertahap.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyesuaian diri tersebut diantaranya adalah:
  1. Kondisi Jasmaniah
Kondisi jasmaniah seperti pembawaan dan struktur atau konstitusi fisik dan tempramen sebagai disposisi yang diwariskan, aspek perkembangannya secara intrinsik berkaitan erat dengan susunan atau konstitusi tubuh. Shekdon mengemukakan bahwa terdapat korelasi yang tinggi antara tipe-tipe bentuk tubuh dan tipe-tipe tempramen (Moh. Surya, 1977). Misalnya orang yang tergolong ektomorf yaitu yang ototnya lemah, tubuhnya rapuh, ditandai dengan sifat-sifat menahan diri, segan dalam aktivitas sosial, pemalu, dan sebagainya. Di samping itu, kesehatan dan penyakit jasmaniah juga berhubungan dengan penyesuaian diri. Kualitas penyesuaian diri yang baik hanya dapat diperoleh dan dipelihara dalam kondisi kesehatan jasmaniah yang baik pula.
  1. Perkembangan dan Kematangan
Dalam proses perkembangan, respon anak berkembang dari respon yang bersifat instinktif menjadi respon yang diperoleh melalui belajar dan pengalaman. Dengan bertamabahnya usia perubahan dan perkembangan respon, tidak hanya melalui proses belajar saja melainkan anak juga menjadi matang untuk melakukan respon dan ini menentukan pola-pola penyesuaian dirinya. Sesuai dengan hukum perkembangan, tingkat kematangan yang dicapai berbeda antara individu yang satu dengan lainnya, sehingga pencapaian pola-pola penyesuaian diri pun berbeda pula secara individual.
  1. Psikologis
Banyak sekali faktor psikologis yang mempengaruhi penyesuaian diri, di antaranya adalah :
1.)  Pengalaman
Tidak semua pengalaman mempunyai arti bagi penyesuaian diri. Pengalaman-pengalaman tertentu yang mempunyai arti dalam penyesuaian diri adalah pengalaman yang menyenangkan dan pengalaman traumatik atau menyusahkan.
2.)  Belajar
Proses belajar merupakan suatu dasar yang fundamental dalam proses penyesuaian diri, karena melalui belajar ini akan berkembang pola-pola respon yang akan membentuk kepribadian.
3.)  Determinasi diri
Dalam proses penyesuaian diri, di samping ditentukan oleh faktor-faktor tersebut di atas, orangnya itu sendiri menentukan dirinya, terdapat faktor kekuatan yang mendorong untuk mencapai sesuatu yang baik atau buruk, untuk mencapai taraf penyesuaian yang tinggi, dan atau merusak diri. Faktor-faktor itulah yang disebut determinasi diri.
4.)  Konflik dan penyesuaian
Ada beberapa pandangan bahwa semua konflik bersifat mengganggu atau merugikan. Namun dalam kenyataan ada juga seseorang yang mempunyai banyak konflik tanpa hasil-hasil yang merusak atau merugikan. Sebenarnya, beberapa konflik dapat bermanfaat memotivasi sesorang untuk meningkatkan kegiatan. Cara sesorang mengatasi konfliknya dengan meningkatkan usaha ke arah pencapaian tujuan yang menguntungkan secara sosial, atau mungkin sebaliknya ia memecahkan konflik dengan melarikan diri, khususnya lari ke dalam gejala-gejala neourotis.
  1. Lingkungan
Adapun beberapa faktor lingkungan yang mempengaruhi penyesuaian diri adalah :
1.)      Pengaruh rumah dan keluarga
Faktor rumah dan keluarga merupakan satuan kelompok sosial terkecil. Interaksi sosial yang pertama diperoleh individu adalah dalam keluarga. Kemampuan interaksi sosial ini kemudian akan dikembangkan di masyarakat.
2.)      Hubungan orang tua dan anak
Pola hubungan antara orang tua dengan anak akan mempunyai pengaruh terhadap proses penyesuaian diri anak-anak. Beberapa pola hubungan yang dapat mempengaruhi penyesuaian diri antara lain, menerima (acceptance), menghukum dan disiplin yang berlebihan, memanjakan dan melindungi anak secara berlebihan, serta penolakan.
3.)      Hubungan saudara
Suasana hubungan saudara yang penuh persahabatan, kooperatif, saling menghormati, penuh kasih sayang, mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk tercapainya penyesuaian yang lebih baik. Sebaliknya suasana permusuhan, perselisihan, iri hati, kebencian, dan sebagainya dapat menimbulkan kesulitan dan kegagalan penyesuaian diri.
4.)      Masyarakat
Keadaan lingkungan masyarakat di mana individu berada merupakan kondisi yang menentukan proses dan pola-pola penyesuaian diri. Kondisi studi menunjukkan bahwa banyak gejala tingkah laku salah satu bersumber dari keadaan masyarakat.
5.)      Sekolah
Sekolah mempunyai peranan sebagai media untuk mempengaruhi kehidupan intelektual, sosial, dan moral para siswa. Suasana di sekolah baik sosial maupun psikologis menentukan proses dan pola penyesuaian diri.

  1. Kultural dan agama
Lingkungan kultural di mana individu berada dan berinteraksi akan menentukan pola-pola penyesuaian dirinya. Contohnya tata cara kehidupan di sekolah, di mesjid, gereja, dan semacamnya akan mempengaruhi bagaimana anak menempatkan diri dan bergaul dengan masyarakat sekitarnya. Sedangkn agama memberikan suasana psikologis tertentu dalam mengurangi konflik, frustasi dan ketegangan lainnya. Agama juga memberikan suasana damai dan tenang bagi anak, serta agama merupakan sumber nilai, kepercayaan dan pola-pola tingkah laku yang akan memberikan tuntunan bagi arti, tujuan, dan kestabilan hidup umat manusia.
Soetarno (1993) mengemukakan bahwa pada dasamya mengadakan hubungan dengan manusia lain mengandung suatu pengertian yang lebih luas, yakni mengadakan hubungan dengan lingkungan. Lingkungan ini meliputi lingkungan fisik, yakni alam benda-benda yang kongkrit, dan lingkungan non fisik misalnya kevakinan ide-ide dan falsafah yang terdapat di lingkungan individu itu. Individu manusia selalu mengadakan hubungan dengan individu lain baik secara fisik, psikis maupun rohani karena hubungan dengan lingkungan dapat


menggiatkan dan merangsang perkembangan atau pemberian sesuatu yang ia perlukan. Tanpa hubungan ini seseorang tidak dapat dikatakan individu lagi.
Selanjutnya Soetarno (1993) mengemukakan bahwa pada dasarnya terdapat empat
jenis hubungan antar individu dengan lingkungan yaitu :
1). Individu bertentangan dengan lingkungarmya,
2). Individu memanfaatkan lingkungannya,
3). Individu berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan,
4). Individu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
  1. Permasalahan-Permasalahan Penyesuaian Diri Remaja
Tingkat penyesuaian diri dan pertumbuhan remaja sangat tergantung pada sikap orang tua dan suasana psikologi dan sosial dalam keluarga. Contoh : sikap orang tua yang menolak. Penolakan orang tua terhadap anaknya dapat dibagi menjadi dua macam. Pertama, penolakan mungkin merupak penolakan tetap sejak awal, di mana orang tua merasa tidak sayang kepada anakanya, karena berbagai sebab, mereka tidak menhendaki kelahirannya. Menurut Boldwyn yang dikutip oleh Zakiah Darajat (1983): “bapak yang menolak anaknya berusaha menundukkan anaknya dengan kaidah-kaidah kekerasan, karena itu ia mengambil ukuran kekerasan, kekejaman tanpa alasan nyata.” Jenis kedua, dari penolakan adalah dalam bentuk berpura-pura tidak tahu keinginan anak. Contoh: orang tua memberi tugas kepada anaknya berbarengan dengan rencana anaknya untuk pergi nonton bersama dengan teman sejawatnya.
Sikap orang tua yang otoriter, yaitu yang memaksakan kekuasaan dan otoritas kepada remaja juga akan menghambat proses penyesuaian diri remaja. Biasanya remaja berusaha untuk menentang kekuasaan orang tua dan pada gilirannya ia akan cenderung otoriter terhadap teman-temannya dan cenderung menentang otoritas yang ada baik di sekolah maupun di masyarakat.



Permasalahan-permasalahan penyesuaian diri yang dihadapi remaja dapat berasal dari suasana psikologis keluarga seperti keretakan keluarga. Banyak penelitian membuktikan bahwa remaja yang hidup di dalam rumah tangga yang retak, mengalami masalah emosi, tampak padanya ada kecenderungan yang besar untuk marah, suka menyendiri, di samping kurang kepekaaan terhadap penerimaan sosial dan kurang mampu menahan diri serta lebih gelisah dibandingkan dengan remaja yang hidup dalam rumah tangga yang wajar. Terbukti pula bahwa kebanyakan anak-anak yang dikeluarkan dari sekolah karena tidak dapat menyesuaikan diri adalah mereka yang datang dari rumah tangga yang pecah atau retak itu.
Selain itu penyesuaian diri remaja dengan kehidupan di sekolah. Permasalahan penyesuaian diri di sekolah mungkin akan timbul ketika remaja mulai memasuki jenjang sekolah yang baru, baik sekolah lanjutan pertama maupun sekolah lanjutan atas. Mereka mungkin mengalami permasalahan penyesuaian diri dengan guru-guru, teman, dan mata pelajaran. Sebagai akibat antara lain adalah prestasi belajar menjadi menurun dibanding dengan prestasi di sekolah sebelumnya.
Pemasalahan lain yang mungkin timbul adalah penyesuaian diri yang berkaitan dengan kebiasaan belajar yang baik. Bagi siswa yang baru masuk sekolah lanjutan mungkin mengalami kesulitan dalam membagi waktu belajar, yakni adanya pertentangan antara belajar dan keinginan untuk ikut aktif dalam kegiatan sosial, kegiatan ekstra kurikuler, dan sebagainya.

  1. Impliksai Proses Penyesuaian Remaja terhadap Penyelenggaraan Pendidikan.
Lingkungan sekolah mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan jiwa remaja. Sekolah selain mengemban fungsi pengajaran juga fungsi pendidikan. Dalam kaitannya dengan pendidikan ini, peranan sekolah pada hakikatnya tidak jauh dari peranan keluarga, yaitu sebagai rujukan dan tempat perlindungan jika anak didik mengalami masalah.
Adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memperlancar proses penyesuaian diri remaja khususnya di sekolah adalah :
  1. Menciptakan situasi sekolah yang dapat menimbulkan rasa betah bagi anak didik, baik secara sosial, fisik maupun akademis.
  2. Menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan bagi anak.
  3. Usaha memahami anak didik secara menyeluruh, baik prestasi belajar, sosial, maupun seluruh aspek pribadinya.
  4. Menggunakan metode dan alat mengajar yang menimbulkan gairah belajar.
  5. Menggunakan prosedur evaluasi yang dapat memperbesar motivasi belajar.
  6. Ruangan kelas yang memenuhi syarat-syarat kesehatan.
  7. Peraturan atau tata tertib yang jelas dan dipahami murid-murid.
  8. Teladan dari para guru dalam segala segi pendidikan.
  9. Kerja sama dan saling pengertian dari para guru dalam melaksanakan kegiatan pendidikan di sekolah.
  10. Pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan yang sebaik-baiknya.
11.  Situasi kepemimpinan yang penuh saling pengertian dan tanggung jawab baik pada murid maupun pada guru.
Karena di sekolah guru merupakan figur pendidik yang penting dan besar pengaruhnya terhadap penyesuaian siswa-siswanya, maka dituntut sifat-sifat guru yang efektif, yakni sebagai berikut (Ryans dalam Garrison, 1956).
1.)      Memberi kesempatan (alert), tampak antusias dan berminat dalam aktivitas siswa dan kelas.
2.)      Ramah (cheerful) dan optimistis.
3.)      Mampu mengontrol diri, tidak mudah kacau, dan teratur tindakannya,
4.)      Senang kelakar, mempunyai rasa humor.
5.)      Mengetahui dan mengakui kesalahan-kesalahannya sendiri.
6.)      Jujur dan objektif dalam memperlakukan siswa.
7.)      Menunjukkan pengertian dan rasa simpati dalam bekerja dengan siswa-siswanya.
Jika para guru bersama dengan seluruh staf di sekolah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, maka anak-anak didik di sekolah itu yang berada dalam usia remaja akan cendrung berkurang kemungkinannya untuk mengalami permasalahan-permasalahan penyesuaian diri atau terlibat dalam masalah yang bisa menyebabkan perilaku yang menyimpang.










BAB III
PENUTUP

  1. Kesimpulan
    • penyesuaian diri adalah merupakan kemampuan aktivitas mental dan tingkah laku individu dalam menghadapi tuntutan baik dari dalam diri (personal) maupun dari lingkungan (sosial) demi memenuhi kebutuhan-kebutuhannya dengan penuh rasa bahagia dan memuaskan.
  • Proses penyesuaian diri menurut Schneiders (1984), melibatkan tiga unsur yang akan mewarnai kualitas proses penyesuaian diri individu, yakni motivasi dan proses penyesuaian diri, sikap terhadap realitas dan proses penyesuaian diri, serta pola dasar penyesuaian diri.
  • Penyesuaian diri remaja memiliki karakteristik yang khas, yang dapat dilihat berbagai sisi, yakni penyesuaian diri terhadap peran dan identitasnya, pendidikan, kehidupan seks, norma sosial, waktu luang, uang, kecemasan, konflik, dan frustasi.
  • Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyesuaian diri tersebut diantaranya adalah kondisi jasmaniah, perkembangan dan kematangan, psikologis, lingkungan, serta kultural dan agama.
  • Permasalahan-permasalahan penyesuaian diri yang dihadapi remaja dapat berasal dari suasana psikologis keluarga seperti keretakan keluarga. Banyak penelitian membuktikan bahwa remaja yang hidup di dalam rumah tangga yang retak, mengalami masalah emosi, tampak padanya ada kecenderungan yang besar untuk marah, suka menyendiri, di samping kurang kepekaaan terhadap penerimaan sosial dan kurang mampu menahan diri serta lebih gelisah dibandingkan dengan remaja yang hidup dalam rumah tangga yang wajar.
  • Lingkungan sekolah mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan jiwa remaja. Sekolah selain mengemban fungsi pengajaran juga fungsi pendidikan. Dalam kaitannya dengan pendidikan ini, peranan sekolah pada hakikatnya tidak jauh dari peranan keluarga, yaitu sebagai rujukan dan tempat perlindungan jika anak didik mengalami masalah.

2.      Saran
Sebagai penyusun kami merasa masih ada kekurangan dalam pembuatan makalah ini, oleh karena itu kami mohon kritik dan saran dari pembaca untuk perbaikan makalah ini dan untuk kesempurnaan pembuatan tugas makalah selanjutrnya.


DAFTAR PUSTAKA

Patrician, A. 2013. Remaja. Di akses tanggal 18 Februari 2014. http://www.slideshare.net/chenkalieaminudin/remaja-26814056
Sunarto, H. & Hartono, Agung.1998. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sarlito Wirawan Sarwono. 1997. Psikologi Remaja. Jakarta: Gramedia.
Sari, J. et al. 2013. Perkembangan Peserta Didik Problematika Remaja SMP. Di akses tanggal 18 Februari 2014. http://www.slideshare.net/immochacha/perkembangan-peserta-didik-23721725
Universitas Islam Indonesia. 2012. Penyesuaian Diri Remaja Putus Sekolah. Di akses tanggal 19 Februari 2014. http://arsip.uii.ac.id/files//2012/08/05.2-bab-280.pdf



Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog:

Entri Populer