Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

MAKALAH MANAJEMEN SISTEM INFORMASI DAN MANAJEMEN SUMBER BELAJAR

0

 

MAKALAH

MANAJEMEN SISTEM INFORMASI DAN MANAJEMEN SUMBER BELAJAR 


 

Pengampu Mata Kuliah :

Dra. Anting W. Djimat, M.Pd

Winda Lestiani, S.Pd., M.Pd

 

 

DISUSUN OLEH KELOMPOK VIII :

NAMA                                                                             NIM

1. Hema Wati                                                             (AFD 115 086)

2.Siti Lestari                                                               (AFD 116 028)

3. Mersy Ayu Nengtias                                             (AFD 116 049)

4. Sintia Sisilia                                                            ( AFD 116 070)

5. Saipul Anwar                                                        (AFD 116 001)

 

UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

PRORAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

 TAHUN 2017



KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT  karena atas berkah, rahmat, dan hidayahNya sehingga makalah ini dapat saya selesaikan  sebagaimana yang saya  harapkan. Tugas makalah yang diberi judul “ MANAJEMEN SISTEM INFORMASI DAN MANAJEMEN SUMBER BELAJAR ” ini ialah suatu makaah yang dapat di pergunakan untuk membuat pengetahun.Kemudian dengan selesainya makalah ini, saya mengucapkan rasa terimakasih kepada  semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini sehingga selesai dengan tepat waktu, semoga malakah yang telah kami susun ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Saya menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan. Kritik serta saran yang membangun dari pembaca penulis harapkan agar kedepannya makalah ini dapat jauh lebih baik lagi. Terimakasih.

 

 Palangkaraya,  ,13 Oktober 2017.

 

Penyusun

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.................................................................................. i.........

DAFTAR ISI................................................................................................ ii.........  

BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang........................................................................................... 1

1.2  Tujuan Penulisan........................................................................................ 2

1.3  Manfaat  Penulisan.................................................................................... 2

 

BAB II KAJIAN TEORI

2.1  Pengertian Manajemen dan Sumber Belajar.............................................. 3

2.2  Jenis-jenis Sumber Belajar......................................................................... 5

2.3   Macam-macam Sumber Belajar................................................................ 7

2.4  Keunggulan Sistem Informasi Yang Berbasis Komputer.......................... 8

2.5  Manfaat  Sistem Informasi Manajemen Dalam  Pendidikan................... 10

 

BAB III PENUTUP

3.1  Kesimpulan.............................................................................................. 12

3.2   Saran ...................................................................................................... 12

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

 

 


BAB 1

PENDAHULUAN

 

1.1. Latar Belakang

Dewasa ini persaingan antara sumber daya manusia semakin hari semakin  terasa sangat ketat, hal ini tidak terlepas dari perkembangan dunia yang menuntut tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas sumber daya manusia salah satunya di tentukan oleh berapa lama manusia tersebut mengenyam pendidikan formal maupun non formal, sebab melalui pendidikan manusia akan menjadi tahu dariapa yang mereka tidak  ketahui.

Jejang pendidikan di negara kita sudah sangat memadai mulai dari Sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi, tinggal bagaimana para peserta didik bersedia mengikuti serta mentaati semua kurikulum yang ada pada lembaga pendidikan, setelah para peserta didik bersedia untuk didik serta dibina maka kesiapan lembaga pendidikanlah yang pada akhirnya menentukan kualitas peserta didiknya setelah mereka selesai mengenyam pendidikan pada lembaganya masing-masing.

Persaingan antara lembaga pendidikan khususnya sekolah menengah atas kian hari kian kuat saja, hal ini memaksa sekolah-sekolah yang ada berlomba-lomba menawarkan pelayanan terbaik bagi calon peserta didiknya. Persaingan yang kian menguat tidak akan menjadi masalah besar bagi sekolah-sekolah yang notabenenya milik pemerintah atau negeri, sebab untuk sekolah negeri mereka mendapatkan bantuan faslitas dari pemerintah di bandingkan dengan sekolah swasta.

Sejalan dengan perkembangan dunia teknologi setiap sekolah dituntut untuk memasukan sistem  khususnya sistem informasi sebagai bagian dari pengelolaan manajemen di sekolah bersangkutan, dengan masuknya sistem informasi kedalam sekolah diharapkan lulusannya kelak memiliki keterampilan lain disamping pengetahuan-pengetahuan inti yang mereka dapatkan selama mengikuti proses pembelajaraan di sekolah.

Masuknya sistem informasi pada setiap sekolah juga dapat meningkatkan daya saing sekolah bersangakutan dengan sekolah lain, betapa tidak dengan adanya sistem informasi segala informasi yang berkaitan dengan sekolah akan mudah dan cepat di akses bagi mereka yang membutuhkan khususnya calon siswa baru. Disamping hal tersebut diatas sistem informasi pun akan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi para pemegang kebijakan di sekolah untuk mengambil keputusan yang tepat sehingga sedini mungkin kesalahan akan dapat diminimalisir. Untuk itulah pada makalah ini penulis akan membahas berbagai kerancuan yang sering terdengar di berbagai lembaga pendidikan atau sekolah dan melalui makalah ini diharapkan akan dihasilkan suatu kajian tentang “MANAJEMEN  SISTEM  INFORMASI dan MANAJEMEN SUMBR BELAJAR ”.

1.2.Tujuan Penulisan

1. Mengetahui pengertian manajemen sumber belajar.

2. Mengetahui jenis-jenis sumber belajar.

3. Mengetahui keunggulan sistem informasi yang berbasis komputer..

4. Mengetahui macam-macam sumber belajar.

5. Mengetahui manfaat manajemen sistem informasi bagi lembaga

    pendidikan.

1.3  Manfaat Penulisan

1.    Mahasiswa mengetahui apa yang dimaksud dengan manajemen sumber

   belajar

2.    Mahasiswa mengetahui jenis-jenis sumber belajar

3.    Mahasiswa mengetahui macan-macam sumber belajar

4.    Mahasiswa mengetahui keunggulan sistem informasi yang berbasis

   komputer

5.    Mahasiswa mengetahui manfaat manajemen sistem informasi bagi

   lembaga pendidikan

BAB II

KAJIAN TEORI

2.1. Pengertian Manajemen dan Sumber Belajar

2.1.1 Pengertian manajemen

Manajemen berasal dari kata “manus” yang berarti “tangan” berarti menangani sesuatu, mengatur, membuat sesuatu yang diinginkan dengan mendayagunakan seluruh sumber daya yang ada. Secara teoritis, setiap ahli memberikan pandangan yang berbeda tentang batasan manajemen, karena itu tidak mudah memberi arti universal yang dapat di terima semua orang. Namun demikian dari pemikiran ahli tentang defenisi manajemen kebanyakan bahwa manajemen merupakan suatu proses mendayagunakan orang dan sumber lainnya untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Pengertian manajemen menurut beberapa para ahli :

1.      Menurut Leonard D. White, manajemen adalah segenap proses, biasanya terdapat pada semua kelompok baik usaha negara, pemerintah atau swasta, sipil atau militer secara besar-besaran atau secara kecil-kecilan.

2.      Menurut The Liang Gie, manajemen adalah segenap proses penyelenggaran dalam setiap usaha kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.

3.      Menurut Sondang Palan Siagian, manajemen adalah keseluruhan proses kerjasama antaran dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang di tentukan sebelumnya.

4.      Menurut Pariata westra, manajemen adalah segenap rangkaian perbuatan penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.

5.      Dalam kurikulum 1975 yang disebutkan dalam buku “Pedoman Pelaksanaan Kurikulum IIID, baik untuk Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas”, manajemen ialah segala usaha bersama untuk mendayagunakan semua sumber-sumber (personil maupun materi) secara efektif dan efisien guna menunjang tercapainya tujuan pendidikan.

2.1.2 Pengertian sumber belajar

Pengajaran adalah suatu proses sistematik yang meliputi banyak komponen. Salah satu dari komponen sistem pengajatan adalah sumber belajar. Dalam pengertian sederhana (hingga dewasa ini dunia pengajaran praktis masih berpandangan) sumber belajar (Learning Resources) adalah guru dan bahan-bahan pelajaran atau bahan ajar baik buku-buku bacaan atau semacamnya.

Sumber belajar adalah segala sesuatuyang dapat di pergunakan sebagai tempat dimana bahan pelajaran terdapat atau asal belajar seseorang. Dengan demikian sumber belajar itu merupakan bahan untuk menambah ilmu pengetahuan yang mengandung hal-hal baru. Sebab pada hakekatnya belajar adalah mendapatkan hal-hal yang baru. Menurut Association Educational Comunication and Tehnology AECT (As´ari, 2007) sumber belajar yaitu berbagai atau semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar.

Sumber belajar menurut AECT (Suratno, 2008) meliputi semua sumber yang dapat digunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, biasanya dalam situasi informasi, untuk memberikan fasilitas belajar. Sumber itu meliputi pesan, orang, bahan, pealatan, teknik dan tata tempat.

Menurut Ahmad Sudrajat sumber belajar (Learning Resources) adalah semua sumber belajar baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujua belajar atau mencapai kompetensi tertentu.

 

2.2. Jenis – jenis Sumber Belajar

Menurut AECT (Association For Educational Communication And Technology) membagi sumber belajar dalam enam jenis yaitu :

1.    Pesan

Maksudnya segala informasi yang harus disalurkan oleh komponen, selain guru, yang membentuk ide, fakta, pengertian dan data.

Pesan merupakan sumber belajar yang meliputi :

a.       Pesan formal yaitu pesan yang dikeluarkan oleh lembaga resmi seperti pemerintah atau pesan yang disampaikan guru dalam situasi pembelajaran. Pesaan – pesan ini selain disampaikan secara lisan juga dibuat dalam bentuk dokumen, seperti kurikulum, peraturan pemerintah, perundangan, silabus dan sebagainya.

b.      Pesan non formal yaitu pesan yang ada di lingkungan masyarakat luas yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran, misalnya cerita rakyat, legenda, ceramah oleh tokoh masyarakat dan ulama, prasasti, relief – relief pada candi, kitab – kitab kuno dan peninggalan sejarah yang lain.

2.    Orang

Yaitu orang yang bertindak sebagai penyimpanan dalam penyalur pengolah dan pengkaji pesan. Prang itu bisa siapa saja yang memiliki keahlian tertentu dimana peserta didik dapat belajar sesuatu. Misalnya guru mendatangkan para ahli untuk menyampaikan pesan seperti dokter menceritakan cara mengobati pasien di Puskesmas.

 

 

3.    Bahan

Yaitu barang – barang yang lazim disebut media atau perangkat lunak (software) yang biasanya berisikan peasn pembelajaran untuk disampaikan dengan menggunakan peralatan, bahan itu sendiri sudah merupakan bentuk penyajian. Contohnya, buku paket, buku teks, modul, progam video, film, OTH (over head transparency), program slide dan sebagainya.

4.    Peralatan

Yaitu sesuatu yang disebut media/hardware yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang tersimpan dalam bahan. Didalamnya mencakup radio, multimedia projector/infocus, slide projector dan sebagainya.

5.    Teknik atau metode (Technique)

Yaitu prosedur yang disisipkan dalam mempergunakan bahan pelajaran, peralatan, situasi dan orang yang menyampaikan pesan. Contoh guru mendemonstrasikan atau memberi contoh mengenai bagaimana cara memegang bola tanagan yang tepat. Selain itu, teknik yang dimaksud adalah cara (prosedur) yang digunakan orang dalam memberikan pembelajaran guna tercapai tujuan pembelajaran. Di dalamnya mencakup ceramah, permainan/simulasi, tanya jawab, role play (sosiodrama) dan sebagainya.

6.    Lingkungan

Maksudnya tempat atau situasi sekitar dimana pesan disalurkan atau disampaikan dan di terima oleh seseorang sehingga seseorang itu dapat melakukan belajar aau proses perubahan tingkah lak. Latar atau lingkungan yang berada di dalam sekolah maupun lingkungan yang berada di luar sekolah, baik yang sengaja dirancang maupun yang tidak secara khusus di siapkan untuk pembelajaran. Seperti pengaturan ruangan, pencahayaan, ruangan kelas, perpustakaan, laboratorium, halaman sekolah, kebun sekolah, lapangan sekolah, kebun binatang, pasar, meseum, sungai, gunung, tempat pembuangan sampah, taman, kolam ikan, rumah dan sebagainya.

 

 

2.3. Macam – macam Sumber Belajar

Sumber belajar bukan berbentuk satu jenis saja, tetapi di dalam sumber. Belajar memiliki macam – macam bentuk. Sumber belajar dapat diklasifikasikan berdasarkan wujudnya antara lain, sumber belajar tercetak, sumber belajar non cetak, sumber belajar yang berupa kegiatan, sumber belajar berupa lingkungan di masyarakat. Menurut Soeharto (2003) dalam Musfiqon (2012 : 132) “sumber belajar dapat dibedakan menjadi due, yaitu sumber belajar yang di rancang dan sumber belajar yang tinggaldipakai atau jadi. Sumber belajar yang di rancang merupakan sumber belajar yang di kembangkan dan di produksi untuk pembelajara, sedangkan sumber belajar tinggal dipakai merupakan sumber belajar yang sudah ada dan dimanfaatkan untuk pembelajaran. Sumber belajar ini dbedakan berdasarkan tujuan pembuatannya. Sedangkan sumber belajar berdasarkan cara memperoleh informasinya dapat dibedakan menjai jenis visual, audio dan audivisual.

Pada sistem pembelajaran tradisional sumber pembelajaran masih terbatas pada informasi yang diberikan oleh guru ditambah sedikit dari buku. Sedangkan sumber belajar lainnya belum mendapatkan perhatian, sehingga aktivitas belajar siswa kuaran berkembang. Guru tampak lebih dominan dalam pembelajaran. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran lebih terpusat pada guru. Dalam perkembangan selanjutnya, sumber belajar semakin berkembang seiring dengan tejadinya kemajuan dalam bidang pengetahuan, teknologi dan kreaktivitas manusia.

Sumber belajar dibedakan menjadi 5 jenis yaitu :

1)      Manusia

Manusia adalah orang yang menyampaikan secara langsung menyampaikan dan menyajikan pesan-pesan pengajaran tanpa menggunakan alat lain sebagai perantara. Contohnya guru, tutor, dosen, pembicara, narasumber dan sebagainya.

2)      Bahan pengajaran

Bahan pengajaran adalah sesuatu yang dimiliki pesan untuk tujuan pengajaran, baik disajikan menggunakan alat atau bahan itu sendiri tanpa alat penunjang apapun. Bahan ini sering disebut sebagai media atau perangkat lunak (sofware). Contohnya buku, modul, video, kaset dan sebagainya.

3)      Alat dan perlengkapan

Dalam al ini di artikan sebagai suatu perangkat yang digunakan untuk menyampaikan dan menampilkan pesan yang tersimpan dalam bahan tadi. Alat ini biasa disebut hardware atau perangkat keras. Contohnya proyektor, OHP, monitor televisi, pesawat radio dan sebagainya.

4)      Aktivitas

Dalam hal ini berupa teknik yang diartikan sebagai prosedur yang runtut atau acuan yang dikombinasikan dan dikoordinasikan dengan sumber belajar lain untuk menyampaikan ajaran atau materi pelajaran. Contohnya simulasi, sistem pembelajaran modul, karyawisata, diskusi, ceramah, tanaya jawab dan sebagainya.

5)      Lingkungan

Yang dimaksud dengan lingkungan sebagai sumber belajar adalah tempat atau ruangan atau situasi de sekitar proses belajar mengajar tadi yang dapat mempengaruhi belajar siswa. Lingkungan ini di bedakan  menjadi dua macam yaitu lingkunga fisik dan lingkungan non fisik.

2.4. Keunggulan Sistem Informasi Yang Berbasis Komputer

Dalam berbagai aspek di dunia modern saat ini, tentu saja segala sesuatunya berkaitan dengan informasi, kita dapat mengetahui informasi dengan cepat dan mdah. Hal tersebut tidak lain dikarenakan oleh keberadaan sistem informasi berbasis komputer. Kita dapat mengakses jaringan yang ada dalam sistem tersebut. Dewasa ini segala informasi terutama yang berbasis komputer tidak lepas dari internet, oleh karena itu untuk dapat menikmati manfaat dari sistem informasi berbasis komputer maka kita terlebih dahulu harus mengetahui cara mengakses internet, bahkan akan lebih baik lagi bila kita memiliki salah satu akun maupun salah sat jenis dari sosial media, karena hal tersebut juga akan memudahkan kita dalam mengakses informasi dari sistem informasi berbasis komputer itu sendiri. Setelah kita telah dapat mengakses internet dengan baik maka barulah kita dapat merasakan kenggulan dari sistem informasi berbasi komputer, keunggulan sistem informasi berbasis komputer diantarnya :

1.      Lebih efisien dalam waktu maupun tempat. Sebab kita dapat mengakses informasi yang kita inginkan kapan pun dan dimana pun selagi kita terhubung dengan jaringan internet. Oleh karena itu dapat lebih efisien dalam waktu dan tjuga tidak memerlukan tempat yang luas dalam menyimpan informasi yang telah kita dapatkan, karena informasi yang telah kita akses dapat disimpan dalam bentuk file.

2.      Informasi yang diperoleh dapat di update dengan cepat. Karena pada dasarnya informasi online sangat mudah untuk diperbarui, oleh karena itu kita dapat dengan mudah update informasi yang kita butuhkan, bahkan walaupun informasi tersebut sedang terjadi.

3.      Informasi yang diperoleh jga dapat dishare dengan lebih cepat dan mudah. Jika kita membutuhkan hubungan dengan pihak lain dan saling membutuhkan informasi, maka kita akan memperoleh kemudahan dengan adanya sistem berbasi komputer, karena kita dapat membagikan informasi kita dengan pihak-pihak lain dengan lebih mudah. Kita tidak perlu repot-repot menulisnya kembali atau melakukan hal-hal lain yang bisa saja merepotkan.

4.      Dapat menemukan informasi yang dibutuhkan dengan lebih mudah.

5.      Kita dapat dengan mudah menyimpan informasi terdahulu yang telah kita gunakan.

 

 

 

 

2.5. Manfaat  Sistem Informasi Manajemen Dalam  Pendidikan

Manfaat Sistem Informasi Manajemen dalam dunia pendidikan mencakup banyak sector yang diantaranya

a.) Hal koneksi dan settingKoneksi dan setting ini merupakan koneksidatabase sekolah, setting tahun ajaran, dan setting kurikulum. Pihak sekolah bisa men-setting tahun ajaran dan kurikulumnyadengan lebih mudah melalui database yang tersistematis. Sehingga bisa memudahkan stakeholderssekolah yang ingin mengaksesnya.

b.) Pengelolaan kesiswaan Pengolalaan kesiswaan adalah pengolahandata-data yang terkait dengan siswa, misalnya trackrecord seorang siswa dalam melanggar kedisiplinan, data-data siswa berprestasi, data siswa yang mendapatkan beasiswa, pemindahan (mutasi) siswa, hingga data-data alumni sekolah.

c.) Pengelolaan akademikDiantara manfaat dalam pengolaan akademik   adalah penyediaan Laporan nilai hasil ujian secara periodik, data nilai KTSP,data nilai KBK, data absensi, data bimbingan dan penyuluhan, data kasus siswa, rencana pengajaran, pengelolaan mata pelajaran, penjadwalan, dan prestasi akademik.

d.) Pengelolaan data guru dan karyawanData-data yang masuk kategori ini adalah Manajemen biodata guru dan karyawan, data keluarga guru dan karyawan, riwayat pendidikan guru, pendidikan tambahan yang dibutuhkan oleh siswa maupun karyawan sekolah (kursus, training, seminar, workshopdsb).

e.) Pengelolaan keuangan sekolahPengolaan keuangan merupakan hal yang sangat urgen dalam suatu instansi. Persoalan dan penggunaan sumber dana juga merupakan hal yang sangat sensitive karena terkait dengan transparansi dan akuntabilitas sebuah instansi. Pengelolaan keuangan diantaranya manajemen pembayaran biaya pendidikan, administrasidana BOS (Bantuan Operasional Sekolah)dan penggunaannya, biaya tambahan, seperti : biaya praktikum, biaya ekstra, dll.

f.) Pengelolan dan penertiban administrasiperpustakaanPengelolaan buku (judul, kategori & deskripsi) sangat penting demi terjaganya data semua buku dan karya-karya yang dimiliki oleh perpustakaan sekolah sehingga bisa dimonitor dengan lebih mudah. Hal lain yang bisa dilihat dengan adanya SIM berkenaan dengan status keanggotaan dan peminjam, stockinventory, Jurnal keluar masuk buku, laporan-laporan terdiri dari : statistik peminjaman, statistik keluar masuk buku, rekap peminjaman, dan rekap pengembalian.g.)Bank Soal Diantara yang paling mendukung prestasi dan kualitas siswa adalah kualitas soal yang baik. Penggunaan SIM dalam dunia pendidikan akan sangat membantu dalam pengadaan bank soal. Sehingga siswa tidak perlu lagi untuk membeli dan mencaribank soal lainnya. Ketersediaan bank soal ini juga bisa menjaga dan meningkatkan soal yang dikerjakan siswa dan akan membantu siswa dalam mendongkrak prestasinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

3.1. Kesimpulan

Dari apa yang telah di uraikan diatas dapat disimpulkan sebagai berikut :

1.      Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan atau digunakan seseorang untuk memfasilitaskan segala kegiatan belajar, baik itu secara terpisah maupun secara terkombinasi agar dapat mempermudahkan seseorang dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan.

2.      Menurut AECT (Association For Education Communication And Technology) membagi sumber belajar dalam enam jenis yaitu pesan, orang, bahan peralatan, teknik atau metode, dan lingkungan.

3.      Penggunaan sistem informasi manajemen menunjukkan citra positif lembaga sekolah tidak hanya dalam ruang lingkup nasional melainkan juga internasional di karenakan penggunaan teknologi terbaru indentik dengan penyesuaian dengan standar yang digunakan di berbagai negara.

3.2          Saran

Untuk para penyusun makalah selanjutkan diharapkan kedepannya agar lebih baik lagi. Baik dari segi bahasa maupun penyajiannya serta dapat lebih banyak lagi mendapatkan referensi buku atau sumber yang lainnya untuk menjadi acuan atau dasar pembelajaran.

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Amri Sofan dan Rahman Muhammad. 2012. Manajemen Pendidikan. PT. Prestasi   Pustakaraya. Jakarta

Djimat W. Anting. Manajemen Sumber Belajar. Palangka Raya, 2014.

Diakses dari http://elinayah.blogspot.in/2015/01/makalah-manajemen-sumber-belajar.html  tanggal 13 oktober 2017 jam 10.50

Diakses dari http//: sim-septialutfi-1a122066-karmelitaip.blogspot.in/2015/10/makalah-sim-untuk-pendidikan.html tanggal 13 oktober 2017 jam 10.15

 

Khadizahnur15@yahoo.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                       

 

Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog:

Entri Populer